Jaga Kondisi Mental Dengan Nutrisi yang Cukup di Masa Pandemi - BeliBu Fresh Mart

Jaga Kondisi Mental Dengan Nutrisi yang Cukup di Masa Pandemi

1 minggu yang lalu

Setiap tanggal 10 Oktober, dunia merayakan hari kesehatan mental atau yang disebut World Mental Health Day. Hari kesehatan mental ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menyebarkan edukasi tentang masalah kesehatan mental di seluruh dunia. Tak ayal, pandemi memang meningkatkan persentase masyarakat yang mengalami gangguan mental. Penelitian Lancet Regional Health di Amerika menemukan bahwa tekanan psikologis, depresi, dan gangguan kecemasan lazim ditemukan dalam setengah tahun terjadinya pandemi Covid-19. 

 

Kabar baiknya, laporan menunjukkan bahwa hampir dua pertiga dari orang yang makan diet berkualitas tinggi setiap hari tidak memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sebaliknya, jumlah mereka yang makan diet kualitas rendah menghadapi masalah kesehatan mental adalah dua kali lipatnya. "Manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan mental sudah diketahui dengan baik, tetapi penelitian ini menunjukkan bagaimana nutrisi yang optimal juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak," kata penulis utama, Chris Zwilling, PhD, peneliti pascadoktoral. 

 

Menurut Adam Strang, Ph.D., dan pemimpin peneliti di Laboratorium Penelitian Angkatan Udara, penelitian ini menegaskan bahwa suplemen nutrisi yang tepat dapat mendukung dan memfasilitasi peningkatan fisik dan mental bila dipasangkan dengan olahraga yang seimbang. Hal tersebut sejalan dengan studi yang dimuat dalam jurnal Psychiatry Research tahun 2017, yang menjelaskan jika pola makan sehat meliputi asupan tinggi buah, sayuran, biji-bijian, minyak zaitun, ikan, produk hewani dan susu yang rendah lemak, serta antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko depresi.

 

Lalu, apa yang harus dilakukan?

 

Sediakan folat (asam folat, vitamin B9)

Selain mengobati anemia dan beberapa kondisi lain, folat dapat membantu dalam mengobati depresi. Defisiensi folat dapat menyebabkan perkembangan penyakit depresi. Anda dapat menemukan folat dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum utuh.

 

Jangan lupa untuk menambahkan Vitamin D

Pertimbangan aman untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah dengan menambahkan makanan yang tinggi vitamin D pada diet Anda seperti susu, jus jeruk, sereal, lemak ikan seperti salmon dan tuna. 

 

Semua bahan ini tersedia di BeliBu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!


Sumber: https://hellosehat.com/mental/stres/pola-makan-sehat-untuk-kesehatan-mental/

https://www.suara.com/health/2020/10/22/160817/studi-nutrisi-seimbang-bisa-pengaruhi-kesehatan-mental-dan-kemampuan-otak

https://www.idntimes.com/health/fitness/indri-yani-4/hubungan-antara-nutrisi-dan-kesehatan-mental-c1c2/2